PERUBAHAN LINGKUNGAN BISNIS DAN PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

  • Hendra Permadi, S.T., M.M. (021) 744 3078, Fax. (021) 7471 0842

Abstrak

Pada saat ini SDM merupakan investasi yang harus ada dan syarat mutlak berlangsungnya operasi organisasi. Peran MSDM telah mengalami perubahan sejalan dengan munculnya berbagai perkembangan. Makin besarnya peran MSDM merupakan akibat yang tidak dapat dihindarkan dari berbagai perubahan yang terjadi.

 Pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang transportasi dan komunikasi telah memperkecil jarak antar bangsa. Persaingan semakin terbuka dan lingkungan bisnis semakin kompleks. Peran SDM yang lebih besar dari sebelumnya sangat diperlukan.       

Bukannya menjadi suatu hal yang berlebihan jika departemen SDM mempunyai kesempatan untuk menjadi anggota vital dalam team manajemen. Perubahan peran MSDM dan departemen SDM sangat diperlukan agar departemen dan fungsi-fungsi SDM memiliki peran signifikan. Perubahan lingkungan bisnis yang terjadi menghadapkan organisasi pada isu-isu pentingnya SDM dan ketidakpastian tenaga kerja. Kondisi ini memerlukan keterlibatan manajer lini untuk mengendalikan fungsi-fungsi SDM.

Diterbitkan
2018-04-02

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##