STRATEGI MERAIH KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM BISNIS MELALUI SUMBER DAYA MANUSIA
Abstrak
Perubahan lingkungan bisnis saat ini mengarah pada pengakuan pentingnya keterlibatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam merespon perubahan yang terjadi. SDM merupakan subjek penting yang akan melaksanakan proses perubahan dan hasil proses perubahan yang direncanakan (Moran dan Brightman, 2000). SDM menjadi bagian pengembangan kebijakan organisasi, perencanaan perluasan lini organisasi, proses merger dan akuisisi organisasi. Apabila organisasi melakukan perencanaan strategis, manajer lini berkemungkinan melihat sifat-sifat penting isu SDM yang ada. Isu SDM terus meningkat khususnya yang berkenaan dengan supply tenaga kerja terampil, yang memiliki kemampuan adaptasi dan mampu menghadapi ambiguitas. SDM mempunyai andil yang besar bagi keberhasilan isu bisnis karena isu-isu tersebut tersebut sangat mempengaruhi esensi bisnis seperti profitabilitas, survival, daya saing, kemampuan adaptasi, dan fleksibilitas. SDM merupakan asset kritis organisasi yang tidak hanya diikutsertakan dalam filosofi perusahaan tetapi juga dalam proses perencanaan strategis. Oleh karena itu, pengelolan SDM melalui manajemen SDM sangat diperlukan untuk menjamin kelangsungan hidup organisasi. Manajemen SDM merupakan bagian proses perencanaan strategis.