PENGARUH PERHITUNGAN BUNGA KREDIT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK SWASTA DI KOTA DEPOK

  • Nurhayati, S.Pd., M.Pd. (021) 744 3078, Fax. (021) 7471 0842
Kata Kunci: perhitungan bunga kredit,hasil belajar akuntansi, Pengaruh.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhitungan bunga kredit dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMK Swasta di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Sampel sebanyak 40 siswa yang diambil dengan teknik random sampling dari siswa SMK Bina Mulia di Kota Depok. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes tulis. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, koefisien korelasi pearson, koefisien determinasi dan analisis regresi. Uji statistik dipergunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh perhitungan bunga kredit dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar akuntansi Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 10,382, dan nilai Sig 0,00 < 0.05.. Dari pengujian didapat persamaan regresi yang terbentuk antara X dan Y adalah  Y = 22,082 + 0,848; artinya jika X diabaikan maka Y sebesar 22,082 dan setiap penambahan 1 point pada X akan memberikan tambahan Y sebesar 0,848. Dari tabel model summary didapat besarnya korelasi antara variabel  X dengan variabel Y adalah 0,86 dengan koefisien determinasi sebesar 0,739; artinya korelasi antara X dengan variabel Y sangat kuat dan variabel X memberikan kontribusi variabel Y sebesar 73,9%, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari tabel Anova diperoleh nilai F hitung 107,77 dengan tingkat signifikan 0,00. Dengan probabilitas (sig) 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) maka disimpulkan terdapat pengaruh perhitungan bunga kredit dalam matematika terhadap hasil belajar akuntansi.

Diterbitkan
2018-04-02

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##