PENGARUH FAKTOR KUNCI TERHADAP RAMALAN LABA PADA PROSPEKTUS PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, interval waktu, umur perusahaan, rasio leverage, terhadap tingkat kesalahan ramalan laba (diukur dari absolute forecast error dan square forecast error). Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan IPO dengan periode pengamatan selama tahun 2005 sampai 2010. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan metode sensus sehingga diperoleh 25 emiten. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi sedangkan jenis data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari publikasi prospektus. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda, sehingga harus memenuhi asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, autokorelasi dan heteroskedastisitas). Interval waktu dan rasio leverage, tidak berpengaruh terhadap tingkat kesalahan ramalan laba, sedangkan variabel yang berpengaruh adalah ukuran perusahaan, umur perusahaan. Secara bersama-sama variabel independen tidak berpengaruh terhadap tingkat kesalahan ramalan laba. Terdapat perbedaan koefisien regresi antara model regresi yang menggunakan absolute forecast error dan square forecast error sebagai variabel dependen.